Cara mengusir rasa bosan

mengusir rasa bosan

Super sekali judulnya bukan? Tidak semua  mau membuat artikel sepele semacam ini. Tapi ini saya lakukan. Bosan adalah sifat alami manusia. Pekerjaan yang monoton, menunggu lama sekali, bisa mendatangkan rasa bosan yang amat sangat. Bila sudah bosan, selanjutnya adalah mengantuk, dan akhirnya tidur. Jenuh atau bosan bisa disiasati dengan beberapa cara. Menurut saya ada beberapa hal yang perlu diulas dan nantinya mengerucut ke solusi penyelesaian rasa bosan tersebut.

Penyebab bosan

Diantara sebab timbulnya bosan/jenuh adalah kegiatan menunggu yang terlalu lama, aktifitas yang monoton(selalu itu-itu saja). Misalnya pedagang warung yang menunggu datangnya pembeli. Yang beli anak-anak pula, udah gitu belinya cuma jajanan 500 rupiah…fiuuuh.
Aktifitas yang monoton juga bisa membuat bosan lho. Misalnya pekerja pabrik yang setiap harinya hanya memegang tugas 1 saja, misalnya packing kemasan. Saking seringnya mengemas packing, sampai sampai aktifitas tersebut bisa dilakukan dengan tutup mata. Dalam lubuk hatinya yang paling dalam dia berkata….bosan.

Solusi

Usirlah kebosanan dengan beberapa cara mudah berikut:
- Berlibur atau sekedar jalan-jalan. Cara ini efektif saya terapkan. Dengan berjalan-jalan saya dapat merasakan suasana berbeda dari keseharian saya. Berbagai hal-hal yang baru juga saya dapati, sehingga merangsang otak untuk beristirahat dari fokus mengerjakan tugas rutin biasanya.
- Minum kopi bersama teman. Kopinya sih biasa, yang luar biasa adalah obrolan bersama teman. Banyak informasi, hal baru, cerita, dan mungkin sekedar bercanda ria bersama terbukti dapat mengistirahatkan otak dan merileks-kan badan.
- Sesekali minta kepada atasan untuk ganti shift. Pekerjaan yang dilakukan pagi, berbeda suasananya bilamana pada siang atau malam hari. Cobalah untuk pindah shift. Mungkin berpengaruh pada aktifitas rutin anda.
- Mendisiplinkan waktu istirahat / tidur anda. Istirahat yang benar adalah tidur yang cukup. Bukan tidur yang jamnya tidak teratur (kadang malam, siang atau pagi). Dengan begitu maka tubuh kita juga akan ikut menyesuaikan dengan aktifitas rutin kita.
- Mengkonsumsi nutrisi yang lengkap penuh gizi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengusir rasa bosan "

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.