Jual telur ayam di warung

Jual telur ayam
Telur merupakan kebutuhan bagi setiap rumah tangga. Rata rata dikonsumsi sebagai lauk pauk, beberapa digunakan sebagai salah satu bahan dasar membuat kue/roti. Ibu rumah tangga pasti paham benar akan bahan dasar ini. Sampai sampai fluktuasi harga dari hari ke hari mereka mencermati betul. Kalau menjelang lebaran, natal,& tahun baru biasanya harga telur merangkak naik. Kalau hari biasa harganyapun normal stabil. Seperti di warung saya ini, harga normal pada hari biasa adalah 18 ribu - 20 ribu. Kalau lebaran pernah menembus angka 24-26 ribu per kilogram.



Tips memilih telur yang baik

Ada tips kecil untuk memilih telur yang masih baik. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Telur yang baik biasanya terlihat dari tampilan luarnya yang mulus, tidak retak, tidak berbau busuk/sangat amis. Kalau hanya amis telur biasa itu masih wajar, tapi kalau amisnya sangat pekat patutu dicurigai barangkali ada keretakan di cangkang telur. Tapi bisa jadi bau amis muncul karena terciprat telur lain yang busuk. Sebaiknya dihindari.
2. Kocoklah/guncanglah telur itu. Bila tidak terguncang, artinya telur masih bagus. Mungkin umurnya sekitar 3- 6 hari. Tapi bila ternyata terguncang, biasanya umurnya seekitar 7- 10 hari (guncangan halus artinya masih bagus, guncangan besar artinya patut dicurigai umurnya lebih dari 10 hari).
3. Bukalah telur itu. Bila kuning telurnya masih bulat utuh artinya masih layak dikonsumsi. Bila kuning telur sudah pecah biasanya telur itu sudah lama.
4. Cium aroma telur yang sudah dibuka/dipecah. Bila amis telur normal artinya masih bagus dan layak konsumsi. Bila berbau amis pekat bahkan mirip (maaf) aroma karbol atau bahkan busuk artinya telur tersebut wajib dibuang.
5. Celupkan telur ke wadah berisi air. Kalau telur itu tenggelam dan posisinya tidur berarti masih bagus(umur sekitar kurang dari 4 hari). Bila miring artinya sudah berumur sekitar 7 hari, apabila berdiri tandanya masih layak juga tapi umurnya sudah 10 hari. Bila melayang / mengambang artinya sudah kurang bagus.

Demikian info tips cara pilih telur menurut saya. Bila ada koreksi saya akan infokan kembali. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jual telur ayam di warung"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.